Cara Lain Mengusir Tikus

Anda mungkin sudah mencoba berbagai cara untuk mengusir tikus dari rumah Anda. Anda mungkin juga sudah membaca tips mengusir tikus yang di sini … Tapi tak ada salahnya kami tambahkan dan rangkumkan lagi tips mengusir tikus berikut ini, karena mungkin ada yang terlewat.

Menyediakan perangkap tikus dalam bentuk apapun (lem, kandang atau racun) di rumah merupakan cara yang paling umum dilakukan. Taruh perangkap tersebut di bawah wastafel, di dalam laci atau samping saluran air kamar mandi. Pasang umpan berupa makanan seperti selai kacang, keju atau ikan asin. Cara ini memang terkadang terlihat terlalu kejam dan tidak semua orang tega melihat dan membuang tikus yang mati terjebak perangkap tikus tersebut. Termasuk saya sendiri yang menghindari menggunakan perangkap tikus sebab saya tidak tega melihat tikus itu meregang nyawa akibat perangkap atau racun yang saya pasang.

Cara lain untuk mereka yang tidak tega membunuh tikus yang mengganggu di rumah mereka, adalah mengusir tikus sehingga tidak masuk ke dalam rumah. Simak tips berikut:

Periksa setiap sudut, lubang atau bagian yang rusak di dalam atau luar rumah. Tikus bisa menyesuaikan ukuran badannya sehingga bisa masuk ke dalam lubang seukuran pensil. Perbaiki setiap lubang baik yang besar ataupun kecil untuk mencegah tikus masuk.

Tutup semua ventilasi yang menghubungkan dengan rumah bagian luar. Misalnya lubang pengering, selang AC atau lubang pembuangan air di kamar mandi. Sama seperti yang dijelaskan di atas, Anda perlu berhati-hati karena tikus bisa masuk melalui lubang kecil.

Hindari menaruh barang yang mungkin dapat menjadi tempat bersembunyi tikus, seperti tumpukan majalah, pakaian usang, kaleng atau botol yang terbuka dan tempat sampah. Bersihkan rumah sesering mungkin, karena sisa makanan membuat tikus betah di rumah Anda.

Semprot cairan pengusir tikus di setiap lubang atau pintu. Anda bisa membeli pengusir tikus berbentuk spray di toko atau membuatnya sendiri. Caranya, campur 1 sendok teh minyak peppermint dan 3 cangkir air hangat. Konon kabarnya tikus tidak menyukai bau pepermint.

Letakkan boks kosong bekas teh peppermint beserta kantong teh kering yang tak terpakai di area-area yang sering dilalui tikus. Anda bisa melihat tikus mulai berkurang. Tambahkan beberapa gumpalan kapas yang disemprotkan dengan minyak beraroma peppermint di dapur dan tempat lainnya.

Sebulan sekali, campurkan setengah galon cuka apel dengan 2 galon air dan menyemprotkannya di luar rumah. Perhatikan setelah anda menyemprotkan cairan tersebut masih ada tikus yang terlihat berkeliaran.

Aroma pewangi pakaian yang berbau herbal kuat juga membantu mengusir tikus. Semprotkan pewangi di sekitar lemari dan laci-laci di rumah. Namun memang tidak semua pewangi bisa berhasil mengusir tikus.

Selain mencoba cara-cara di atas, memelihara binatang seperti jangkrik, kucing atau ular bisa menjadi alternatif cara mengusir tikus. Aroma kucing serta kotorannya bisa membuat tikus malas masuk ke dalam rumah Anda. Kulit ular dan suara jangkrik juga memiliki efek yang sama.

Anda memiliki kucing namun tampaknya ia tidak suka mengejar tikus? Mungkin jenis kelaminnya jantan karena hanya betina yang aktif mengejar mangsa tikus di rumah, sedangkan yang jantan lebih senang mencari mangsa di luar rumah, demikian menurut Barbara Pleasant penulis buku Rodent-Proof Your House.

Cara terakhir adalah dengan memperbaiki struktur di sekitar rumah, seperti dijelaskan Barbara Pleasant dalam bukunya Rodent-Proof Your House.

  • Segel celah-celah tembok yang terbuka atau terkoyak dengan besi, alumunium hingga perekat. Terkadang sekat kayu yang berjarak seperempat inci bisa dimasuki tikus dan berkembang biak di dalamnya.
  • Tikus bisa masuk dari atap lewat pohon di luar rumah. Potong cabang-cabang yang langsung bersentuhan dengan atap maupun plafon rumah.
  • Jika Anda memelihara hewan ternak, tutup tempat makan atau minum ternak dengan penutup yang rapat.
  • Jangan biarkan benda-benda menumpuk terlalu lama, mulai dari pakaian, perabot tak terpakai hingga kaleng-kaleng cat atau kayu bekas renovasi rumah.
  • Jangan memasukkan terlalu banyak perabotan di rumah. Tak terkecuali pajangan yang ditempelkan di tembok. Tikus akan lebih mudah bergerak dan sulit ditemukan saat banyak benda ada di sekelilingnya.
  • Lupakan alat pemancar gelombang yang diklaim mengusir tikus. Sampai saat ini belum ada riset yang bisa membuktikan kebenarannya.

Tips ini sudah dibaca 3276 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>