Cara Praktis Merawat Playstation

Untuk Anda yang menggemari bermain game di Playstation, simak tips praktis berikut -yang dirangkum dari berbagai sumber- agar Playstation kesayangan Anda terawat dan awet.

Seputar Stick PlayStation
Perawatan stick PS bisa dengan menggunakan cairan alkohol yang bisa dibeli di Apotik. Caranya: Buka casing stick PS lalu secara perlahan bersihkan lempengannya menggunakan kapas yang sudah dituang alkohol secukupnya. Agar stik PS bebas debu dan macet, lakukan pembersihan stick ini secara teratur sebulan sekali.

Sewaktu bermain jangan sampai stick PS tertarik apalagi sampai lepas dari mesin PS. Biasanya hal ini terjadi pada gamer yang kalah bermain atau kesal karena sticknya sering macet. Kalau stick terbanting akan menyebabkan keretakan pada lempengan dalam stick. Kalau sudah begini, bisa-bisa terpaksa beli stick PS yang baru.

Kalau ingin menyimpan PS ketika selesai bermain, kabel stick PS jangan digulung. Ini akan menyebabkan kabel tembaga di bagian dalam putus sehingga menyebabkan stick PS tidak bisa digunakan lagi.

Jika terjadi kemacetan pada stick coba periksa kabelnya. Jangan langsung buru-buru membeli yang baru. Kalau memang terjadi gangguan pada kabel, ganti saja kabelnya dengan yang baru. Cari dan beli kabel yang asli. Cirinya lebih panjang dan lebih lentur.

Jangan langsung membuang stick yang macet atau rusak. Simpan saja baik-baik di rumahmu. Siapa tahu kamu bisa memanfaatkan kembali stick tersebut. Kamu bisa mendaur ulang stick tersebut dengan cara mengambil salah satu komponen yang masih bagus. Misalnya kamu bisa mengambil karetnya yang ada di bagian dalam di bawah tombol untuk digunakan di stick yang masih bagus namun karetnya sudah tipis/rusak.

Buang CD/DVD PS yang rusak atau penuh goresan
Kalau ternyata CD/DVD game sudah penuh goresan yang cukup parah lebih baik jangan dipakai. Karena jika tetap dipakai bisa membuat optik PS menjadi lemah. Makanya hati-hati ketika memegang dan menyimpannya.

Bersihkan optik PS seminggu sekali dengan menggunakan CD Lens Cleaner yang banyak dijual di toko elektronik, penjual game PS, dan toko komputer.

Jangan bermain PS sambil makan
Banyak CD/DVD yang rusak bukan karena goresan, tapi karena penuh dengan cap jari dan minyak dari makanan yang menempel di tangan. Ada juga PS yang akhirnya rusak karena terguyur air minum dalam gelas yang tidak sengaja tersenggol. Daripada begini, lebih baik jauhkan makanan dari tempatmu bermain PS.

Tips ini sudah dibaca 481 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>