Membuat Area Resapan Biopori di Taman Mungil

Membuat sumur resapan saat ini sudah menjadi keharusan. Karena dengan cara yang sederhana ini, Anda bisa membantu mengembalikan air ke dalam tanah dan menjaga kelestarian lingkungan.

Membuat resapan air di taman mungil paling sederhana dengan membuat lubang biopori. Lubang biopori bisa dibuat dengan alat bor biopori berdiameter 10 cm.

Lubang biopori ini bisa diisi dengan sampah organik berupa daun dan ranting kayu kering. Jumlah lubang yang disarankan disesuaikan dengan curah hujan dan luas lahan. Sebagai perkiraan, untuk luasan sekitar 100 m2 dengan curah hujan 50mm/jam, jumlah lubang biopori yang disarankan sebanyak 28 lubang.

Selain itu untuk menghindari lubang biopori ini menjadi berbau dan berbelatung maka jangan meneruskan membuat lubang jika tanahnya berair karena sampah organik yang dimasukkan akan mengeluarkan bau sebab tidak dapat diproses oleh mikroorganisme dalam tanah. Selain itu lubang biopori ini jangan terlalu tertutup sebab bisa menjadi berbelatung. Lubang Biopori bisa ditutup dengan pot ukuran kecil yang dilubangi dasarnya atau menggunakan pipa paralon.

Sebaliknya jika tanah yang dilubangi menjadi keras, cobalah untuk diberi air lalu ditinggal dulu beberapa saat agar tanah melunak dan lebih mudah untuk dilubangi.

Selokan yang mampet juga bisa diatasi dengan membuat lubang biopori di dasar selokan tersebut.

Tips ini sudah dibaca 773 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>