Merawat Bayi Hamster

Hamster sebenarnya merupakan hewan peliharaan yang tingkat reproduksinya tinggi. Setelah berusia di atas 3 bulan, hamster betina sudah bisa beranak bila disatukan dengan hamster jantan. Oleh karena itu bila Anda memiliki hamster jantan dan betina yang disatukan dalam kandang, Anda harus bersiap-siap untuk memiliki bayi hamster, bukan hanya satu, tetapi bisa beberapa bayi hamster sekaligus.

Berikut tips merawat bayi hamster:

Jangan memegang bayi hamster yang baru lahir, karena bayi hamster yang sudah dipegang manusia bisa dimakan oleh induknya. Hal ini disebabkan cara hamster yang unik adalah melindungi anaknya yaitu dengan memakan anaknya sendiri. Jika Anda ingin memindahkan bayi hamster, gunakan sendok untuk mengangkatnya.

Jangan memisahkan induk hamster dengan bayi-bayinya karena bayi hamster membutuhkan susu dari induknya sekitar 2-3 minggu.

Ketika induk hamster sedang dalam masa menyusui, jangan terlalu sering melihat induk hamster tersebut sebab induk hamster akan merasa terganggu yang berakibat pada gangguan penyusuan bayi hamster yang menjadi tidak kontinu.

Berilah serbuk kertas atau kain agar bayi hamster tidak kedinginan.

Selama 2 minggu sejak kelahiran bayi hamster, jangan membersihkan kandangnya. Jika ingin memberi makan, langsung saja letakkan dan jangan melihat-lihat hamster anda yang bisa membuatnya terganggu.

Tips ini sudah dibaca 581 kali