Cara Alami Mengusir Nyamuk

Artikel ini bagian 1 dari 3 dalam serial Cara Mengusir Nyamuk

Nyamuk di rumah seringkali menjadi masalah.

Selain nyamuk yang sering berkeliaran di malam hari, nyamuk yang terlihat di siang hari sering kali lebih menakutkan karena bisa jadi nyamuk siang tersebut adalah nyamuk yang dapat menularkan demam berdarah.

Untuk mengusir nyamuk dapat menggunakan obat anti nyamuk yang beredar di pasaran. Ada yang bentuknya spray, obat nyamuk bakar, sampai ke obat nyamuk elektrik. Bagaimanapun karena obat anti nyamuk tersebut merupakan bahan-bahan kimia, sebaiknya penggunaannya dibatasi dan tidak dibiasakan.

Berikut adalah cara-cara alami untuk mengurangi dan mengusir nyamuk dari rumah Anda:

Tanaman pengusir nyamuk

  • Zodia. Tanaman yang berasal dari Papua ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau kekuningan. Zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung tanaman ini tidak disukai nyamuk. Aroma wangi ini akan tercium saat tertiup angin.
  • Lavender. Bunga tanaman ini berwarna ungu. Bunga lavender ini sudah dikenal dan umum dipakai dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk. Cara menggunakan bunga ini agar kulit kita tidak digigit nyamuk adalah dengan menggosok-gosokan bunganya pada kulit kita.
  • Geranium. Geranium mengandung geraniol dan sitronelol yang menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan ditempatkan di tempat yang terkena tiupan angin, karena aroma geranium akan tercium bila daunnya saling bergesekan.
  • Serai. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.
  • Rosemary. Daunnya berbentuk jarum dan memiliki bunga ungu kecil. Dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan menggosok-gosokan daunnya ke kulit. Aroma yang dihasilkan mirip seperti aroma minyak kayu putih. Aroma ini dapat mengacaukan penciuman dan nyamuk.



Jangan biasakan menggantung terlalu banyak pakaian dan menumpuk barang-barang di kamar. Nyamuk senang bersembunyi di tumpukan barang dan kain yang bergelantungan.

Pasang kassa nyamuk di jendela rumah anda dan apabila anda suka membuka pintu, pasanglah pintu tambahan berupa pintu teralis yang dapat dipasang kassa nyamuk. Dengan cara ini sirkulasi udara di rumah anda tetap lancar dan nyamuk pun tidak bisa masuk.

Kalau belum memasang kassa nyamuk, tutuplah pintu dan jendela pada sore hari menjelang malam (kira-kira jam 17-19) dan jangan buka pintu dan jendela di pagi hari sebelum sinar matahari bersinar (sekitar jam 4-5), karena biasanya pada jam-jam ini nyamuk mulai beraksi untuk masuk ke dalam rumah.

Anda juga dapat melakukan tips berikut:

Siapkan segelas air. Masukkan beberapa butir kapur barus. Lalu letakkan di salah sudut ruangan. Nah, nyamuk pun tak kan berani mendekat.

Tips ini sudah dibaca 17969 kali

Artikel dalam Serial ini: Mengusir Nyamuk dengan tanaman Zodia

28 thoughts on “Cara Alami Mengusir Nyamuk”

  1. pke KELAMBU paling ampuh gan,kelemahannya mnrut sy pribadi :
    -kualitas trgantung harga, ada yg mudah sobek & gk kurang tahan lama sharga 20.000an krn bahan tipis, ada jg yg lumayan bagus & lumayan than lama (harga sekitar 45.000-50.000an ke atas)
    -estetika penempatan/pmasangan pd bed tmpt tidur. klo yg jman dulu bednya pke kerangka, enak klo pake kelambu, nah klo pke pke kasur gabus/busa/pegas, agak kurang elok, siasatinya biasanya pke paku tempat gantung kantong kelambunya terus diurai sedemikian rupa, efeksampingnya biasanya males ngerapiiinya.

    LOTION (oles/semprot), enak dibawa kmana2, tp selain harga relatif cukup mahal utk pemakaian serign juga gak jarang kurang ampuh, blm lg bg mereka yg kuit sensitif trtm daerah muka rawan daerah serangan nyamuk, mw dioles/dismprot brp bnyak tuh lotion?

    OBAT NYAMUK BAKAR, saran sy jangan, walopunmurah tp kasian paru-paru sesak amp batuk2 terutama pd anak kecil.

    OBAT NYAMUK ELEKTRIK, pernah uji pke nyalain lampu kamar = lumayan ampuh, tp terkadang gk juga,bnyak gagalnya, entah drmn nyamuk2 kebal pd ngeroyokin. bukankh sebaiknya saat tidur saat lampu padam, krn membantu lancarnya sel2 darah terhindar dr oksidan & kanker. selain itu tagihan listrik mungkin perlu diperhitungkan hehe

    AC (Air Conditioner) / kipas angin, sebaiknya hindari tidur malam dg udara yg sangat dingin yg ada ntar masuk angin.

    tanaman2 ne mash blm tk coba, cz biasanya ditumbuhi rumput perdu. bayangin j klo pd males ngebersihin halaman terutatm yg banyak rumputnya, wuih sarang nyamuk jg tuh.tapi patut dicoba dulu gkda salahnya.
    kulit jeruk jg gk disukai nyamuk lho gan?

  2. Sippp kebetulan di daerahku lg banyak bgt nyamuk,termasuk di rumahku….ga siang ga malam,semoga bermanfaat.

  3. Skedar nambahin ya Gan….: fungsi minyak kayu putih ternyata juga ampuh utk mengusir nyamuk. Jadi bisa dijadikan tambahan referensi, caranya berikan beberapa tetes atau secukupnya dibawah pintu masuk maka niscaya nyamuk akan kabur bertahan smp bsok pagi loh. Demikian gan terima kasih. GBU.

  4. Musin hujan seperti ini jumlah nyamuk makin banyak ditambah lagi banyak genangan air disana sini membuatnya mudah untuk berkembang biak
    terima kasih atas tipsnya, sangat mmebantu

  5. wah boleh dicoba tuch,,,
    Tapi kayana lbh bagus yg pake tanaman2 tuch,,,
    Skalian bs mnghias rumah
    Bs mmbantas nyamuk juga,,,,
    cari tanamna dimana y,,,
    ”Matursuwun”

  6. Malam..to the point z..sya udh cba menggunakan kapur barus yg dmasukkn k gelas..tp knpa nyamuk msh ada ych?trus utk tnaman yg djelaskn di ats hrs dmna sya mncarinya..trms ya..

  7. wah fungsi kapur barus bnyk y mba…tapi saya punya hamster gimna dong…kan sejenis pengerat juga…ada tingkatan stress juga ga nantinya

    1. Kalau kuatir mengganggu hamsternya, jangan dilakukan di ruangan yang ada hamsternya ya… Karena nanti kapur barus itu akan mengeluarkan bau yang mungkin tidak disukai hamster.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>