Cara Mengusir Tikus

Iiiihh .. keberadaan tikus-tikus yang kian hari kian menggelikan bentuknya itu pasti sangat mengganggu. Baunya pun tak sedap. Ada berbagai cara mengusir tikus (bukan hamster ya).

Memelihara hewan seperti jangkrik, kucing atau ular bisa menjadi salah satu cara. Tapi tentu ada efek samping yang menimbulkan masalah lain.  Jangkrik, diyakini tikus tak suka dengan suara jangkrik. Tapi selain tikus, kuping Anda pun mungkin agak terganggu dengan suara sang jangkrik. Kucing, mungkin efektif untuk tikus-tikus yang berukuran mini. Tapi untuk tikus-tikus raksasa, kucing Anda mungkin akan lari terbirit-birit karena kalah ukuran badan. Ular, mungkin Anda harus meyakinkan diri Anda sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memelihara hewan yang satu ini.

Alat pengusir tikus elektrik. Selain harganya mahal, alat ini sudah mulai banyak dikeluhkan karena kurang ampuh.

Minyak mint. Oleskan minyak mint pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tidak suka bau mint.

Racun tikus. Cara ini sangat ampuh. Tapi tikus-tikus yang telah menelan racun seringkali mati di tempat-tempat yang tersembunyi sehingga bangkainya menimbulkan bau yang tak sedap.

Perangkap tikus. Anda dapat memancing tikus untuk masuk ke dalam perangkap Anda dengan meletakkan sepotong daging atau selai kacang/coklat. Pastikan jebakan Anda terpasang dengan tepat agar umpan Anda tak sia-sia.

Kapur barus. Hancurkan kasar kapur barus kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Cara ini cukup efektif. Murah meriah. Tikus pergi, rumah Anda pun wangi.

Hal penting yang harus diingat adalah jagalah kebersihan. Mari hidup sehat dengan meminimalisir kehadiran tikus-tikus pembawa penyakit itu ke rumah Anda. Semoga bermanfaat! ;)

Beberapa Alat Penangkap Tikus seperti terlihat di bawah ini:

Rodent Terminator Kills All Sized Rats & Mice Agri Zap RZCOO1 Rat Zapper Classic Black Hole Rodent Trap

Tips ini sudah dibaca 14457 kali

67 thoughts on “Cara Mengusir Tikus”

  1. klo yang ane lakukan, begitu tikus ketangkep pilox aja tikusnya dengan warna yang terang, selain putih ya.. trus lepas deh.. nanti tikus yang ketangkep nanti akan cerita ke temen2nya.. kalian jangan ganggu manusia nanti seperti aku..

  2. Kalo saya, pake kapas yang dicelup ke minyak peppermint terus disimpen di sudut2 rumah. Efeknya kerasa banget, tikus pada kabur ngga tau kemana. Tapi tetep mesti jaga kebersihan rumah biar mereka ga balik lagi. :D

  3. Sy benci tikus luar biasa. Burung kesayanganku bnyak yg jd korban. Semalam pernah hrg 5jt. Di mangsanya. Ampuuuuuuun dah…….

  4. kalo saya bermasalah di ruang perpustakaan saya..
    tiap pagi saya datang, yang ada hanya kotoran tikus’a. entah masuknya dari mana.
    masa tiap hari harus bersihin kotoran tikus.. kalo tikusnya sendiri saya belum pernah lihat… huuhuhu nyebelin hewan yang satu ini.

  5. pakai buah bintaro…taruh ditempat tempat yang biasa dilewatin tikus..ampuh..kalau sudah hitam, ganti yang baru.atau pakai daun sirsak…ambil daun sirsak…diremas remas daunnya sampai baunya keluar, lalu ditaruh ditempat tempat yang biasa dilewatin tikus……selamat mencoba…

  6. coba pakai buah pengusir tikus alami seperti buah mengkudu matang atau kulit bua durian, bisa juga dengan menggunakan daun sirsak atau kulit salak, mau tahu cara lain, mampir aja di bog saya

  7. kata tetangge ane sih suruh taruk kelapa, ntar tikusx mkan kelapa gak gregotin yg lain. coba aja dulu kalo emang btul, tolong di share ya…

  8. - usahakan tangan tdk menyentuh scr langsung sewaktu memasang/menebar umpan tikus krn ada tikus tertentu yg jika mencium umpan berbau manusia tdk mau makan.
    - jebakan tikus yg sudah pernah menjebak tikus jika ingin digunakan lg hrs dibakar dulu pakai kertas yg dibakar utk menghilangkan bau tikus di jebakan tsb.

    semoga membantu

  9. Pas ke dapur tiba2x lihat ada yg lewat & lari terbirit2….ternyata tikus kepala hitam…….

    kaget banget & kesel deh……..

    Mau coba akh caranya . thx ya….

  10. Memang tikus sangat lihai…mereka seakan memiliki teknik khusus untuk menghindar dari jebakan…Jadi, kita harus memanfaatkan segala metode dalam mengusirnya..

  11. wah terimakasih semua tips bagus-bagus…..cuma ada pasti yg efektif…
    bebrapa bulan ini kami sedang perang melawan tikus pintar…..diracun ga mempan,dijebakan ga bisa,pake kamper masih berani mendekat,lem ga bisa,….jangkrik masih berani mendekat…..saya berkata perang karena mereka sudah menggigit kabel-kabel mobil yang tentu sangat berbahaya….bisa mengakobatkan kecelakaan….sekali service kabel sudah 0,5 jutaan….akhir-akhir ini mulai beraksi lagi…apa yg harus sy lakukan….mungkinkah jangkrik diperbanyak…

  12. Memang makhluk satu ini menjengkelkan…berbagai upaya ditempuh, tapi tetep bandel juga..grrr..gemes bener…

  13. wah tips nya semuanya mantap2..
    sedikit tambahan lagi mengenai hama tikus ini, saya sudah meneliti selama betahun tahun mengenai tikus2.sehingga saya telah mengenal baik mreka, saya mengenal engkong tikus yg telah sangat baik menjadikan saya anak angkat nya,lalu sebelum meninggal tu engkong tikus sadar bahwa tikus2 sangat mengganggu manusia dan memberikan tips terbaik untuk memebunuh clan nya.ini dia cara nya: 1.kenali tikus yg sering mengganggu kediaman anda 2.jangan musushi tikus karna tikus akan membalas dgn merusak lebih banayk brg kesayangan anda(MEREKA ADA SEKOLAH NYA CUI-RED) 3.Biarkan mereka terlebih dahulu merasa bebas dan merdeka(kira2 1 minggu)4.dan terakhir..eng ing eng..gunakan taktik devide et impera-politik adu domba-eh salah tikus maksud’ea-ini akan membuat tikus jera dan mengakui ras bangsa manusia lah yg paling berkuasa.semoga bermanfaat-oia nb.cara2 smua sudah saya coba,tertarik dgn cara spray tikus dgn cat spray td saya punya usul namun ini lumayan berbahaya, saya cm pernah coba ini namun hanya di luar rumah yaitu dgn cara membakar tikus dan membiarkan nya lari2-atraksi nya lumayan kalo dilakukan pada malam hari.asik deh,bole di coba.namun ini tidak disaran kan di dalam rumah bs terbakar rumah anda-jangan dicoba yaa..

  14. kenapa tidak ada yg memberikan tip’s dengan mengoleskan minyak tanah pada tempat yg biasa dihuni tikus… padahal mengusir tikus dengan MINYAK TANAH itu manjur dan satu lagi mengusir dengan GARAM KASAR / LAUT. selamat mencoba.

  15. kalo sy boleh numpang,caranya gini pasang tu hp trs nyalain dering ynag suara jangkrik nah pasti gak sah melihara,tp sy ingetin sebelum dinyalin tlg btre hp dlm keadadaan fuuuuuul biar awet.gmn????????sip kan<

  16. saya ada tips yg gak kalah ampuh,murah,dan jg mudah tentunya..
    gini prend, kita tangkap tuh tikus (besar/kecil trserah) trus dikasih kalung (bandul/lonceng kecil) lalu tikusnya dilepas..ntar konco2 tikus yg lain bkalan lari klo dgr suara gemerincing..
    2. klo tips diatas msh terasa sulit, coba agan2 smuanya nangkep tikus, trus tuh tikus dikasih baju (mejikuhibiniu,terserah). tikus yg laen jg bkalan takut dideketin.. wkwkwkwkwk

  17. ada yang tau ga jenis² tikus dan masing² kotorannya?
    karna di rumah saya ada tikus sepertinya ada satu jenis tikus dan besarnya sama(tikus rumah) tp kotorannya ada 2 jenis(kalo saya tegasin kotorannya)
    - tikus 1(kotorannya seujung kelingking) saya jebak pake lem tikus langsung dapet(walau pun umpannya cuman ikan/roti)
    - nah tikus yg ke dua(kotorannya kecil mirip kotorannya cicak tp ukuran tikusnya sama)saya jebak pake macam² umpan ga ada hasil.(apa dia sudah ngerti ya liat temen²nya kena perangkap lem?

    mohon infonya buat temen². salam.

  18. coba pake buah mengkudu..yg tua. di potong di iris2 kecil lalu tebar di temapat tikus beroperasi. di jamin tikus akan pergi ..ganti apabila irisan buah mengkudunya sudah kering dan kempis …selamat mencoba mudah2han manpaat…!

  19. klw saya buat sendiri racunya,,umpan saya beri taburan semen yg hitam,semennya jgn terlalu banyak,semen ini akan keras dan panas di dalam usus tikus yg memakannya,,di jamin mati kering

  20. saya juga kesel sama tikus- tikus tsb, apalagi sama tikus kantor yang merugikan negara… nah ini harus dilaporkan ke KPK, kalau tikus di rumah coba pakai kapur barus tikus, lumayan efektif dan praktis tapi harus di kasih terus/ditambah kapur tikusnya dalm beberapa hari…. tikusnya hilang tapi kalau kapur tikusnya tidak diberi lagi… lama kelaman tikusnya datang lagi…

  21. gara gara tikus berkali kali saya ke bengkel
    karena kabel motor saya sering di gigtin tikus2 mang bener yahh klo motor beat tikus demen bgt masuk dari bagian bawah motor shingga saat saya tidur malem dengan leluasa para tikus makanin kabel motor saya jadi kesel saya.
    saya akan coba deh yg pakai kapur barus dan beli jangkrik yg banayak .
    thx tipsnya

  22. saya punya cara cepat mengusir tikus caranya pakai jebakan tikus yang di kasih umpan ikan kalau ketangkap bisa gede setelah itu remekin tu tikus kan tikus lain pada takut nah nanti pergi sendiri nah kalau diluar pasti dimakan kucing

  23. Ni ada tips yg pernah saya praktekkan, dan cukup ampuh, caranya tangkap tikus dg perangkap tikus, lalu siksa dan rekam suaranya, kemudian putar sekencang-kencangnya, pasti semua konco2 sitikus pada lari ketakutan, dan gak bakal kembali lagi.

  24. udah beberapa hari ini ane telat kerja gara2 ntu tikus…
    haduh… perangkap tikus udah, tapi gak berhasil…
    pake lem tikus lumayan udah dapet 2 tikus (tapi masih ada) padahal udah ditaro lem lagi eh malah lolos terus udah pinter kali tikusnya…
    pake jangkrik udah, eh jangkriknya pada mati..
    mau coba pake kapur barus dan rambut kecil2 dulu deh, siapa tau ampuh…

  25. Kenapa tidak menggalakkan program pembasmian tikus di RT/RW setempat ya?Misalnya satu kompleks rumah sepakat memasang racun tikus dsb di tempat aman di tiap bagian rumah..Klo hanya 1 rumah saja,tikus yang lain pasti datang lagi..Ingat,tikus hewan mamalia yang cepat beranak pinak :)

  26. Dulu saya pernah nyoba pakai racun tikus namanya petrokum.Efektif tikus banyak yang mati 3,5 ekor.harganya 10 ribu-an.kalu ada yang mau pesan bisa hubungi saya.Malah promosi nih…
    Pesan buat semua,kalau ada bangkai apapun tolong dikubur ya? biar nggak bau.
    Tapi sekarang tikus-tikusnya nggak mau makan tuh racun.Apa udah pada ngerti ya itu tikus.

    1. He he he saya juga punya masalah yg sama dg tikus. Kuncinya cuma satu, jaga kebersihan, kerapihan dan jangan biarkan barang-2 berserakan. BTW, tikus-2 sekarang tambah pintar karena mungkin mereka juga telah nemu dan baca thread ini :)

  27. pakai kapur barus emang efektif, tapi karena sifatnya yg mudah menguap jadi harus sering ditambah agar tikus tidak balik lagi.saya pernah juga pelihara jangkrik, awalnya sih buat makanan burung.tapi selama jangkrik masih ada dan berbunyi emang bener gak ada aktivitas tikus dirumah.so silahkan mau coba metode yg mana.. Selamat mencoba..

  28. Ada tips baru :
    -Pasang perangkap tikus yg sdh ada umpannya.
    -Begitu tertangkap, tikus jngn dibunuh atau dibuang, semprot tikus itu dengan cat/pilox warna silver/oranye/kuning/hijau muda atau warna terang lainnya. Biarkan kira2 1 jam cat agak kering.
    - Lepaskan tikus itu biarkan dia berkeliaran. Tikus itu akan stres lari kesana kemari, & teman2 tikus itu akan ketakutan sehingga pergi dr rumah anda.
    - Jika perlu lakukan untuk 2 atau 3 tikus tangkapan lainnya.
    - selamat mencoba. semoga sukses

    1. wah gan apa bener nih tipsnya???
      kalo bener ane mau coba nih… kalo dilepas lagi nanti malah berkeliaran lagi tuh tikusnya…

      1. bagi anda yang hobi berburu coba dengan membuat sumpit yag terbuat dari pipa besi berdiameter 10 mm panjang 1 meter, untuk peulurunya bisa dibuat dari jarum besar yg panjangnya 10 cm ujung jarum dipilin dengan kapas,dengan ketebalan pas diameter pipa, sekali tembak dijamin koit tuh si monyong,

  29. sekarang saya jadi benci bgt sama tikus, krn entah knp sejak 6 tahun punya PC, baru seminngu yg lalu, tikus tikus itu gigit kabel keybord, mouse,printer dan monitor, begitu saya ganti, selang 3 hari kemudian, di gigit lagi (sampai putus), saya mau coba yg kapur barus tadi, mudah mudahan efektif, ada juga yg bilang pakai bawang, jengkol (setelah digeprek dulu)

  30. Saya pernah menggunakan buah yg mirip mangga yg pohonnya sering ditanam dipinggir jalan atau di komplek2 perumahan sebagai penghijauan, caranya tinggal letakan buah tersebut di setiap sudut ruangan atau tempat dimana tikus tsb lewat.
    PERHATIAN / WARNING
    JAUHKAN BUAH TSB DARI JANGKAUAN ANAK2, KARNA MENURUT PENELITIAN GETAH BUAH TSB MENGANDUNG RACUN.

    1. buah yang dimaksut nama nya apa sih? TERUS buah nya yang sudah matang atau yang hijau ya .Thaks sebelumnya

    2. tu buah nmx buah BINTARO, emang biasanya d tanam d perumahan2 tuk pemghijauan. kabarx sih efektif buat ngusir tikus tpi hrs hati2 krn mngndung racun, jd jgn sampai termakan.

  31. Kalau dengan kabur barus, kurang efektif Bu…tikus tetap saja ada didaerah yang sudah ditabur kapur barus. malah tuh tikus “pup/e-e” di dekat kapur barusnya….

  32. huuuuuuuhhhh. bisa mati berdiri nih klo tiap hari ada tikus mampir d rumah.. bisa bisa jantungan!!! serasa gempa bumi>>>> hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii… kesseeeel>!

  33. saya nak tnya sikit ni..untuk smua orang yg dapat mmbntu saya…
    saya ada mnjalankan bisnes kecil2an perniagaan kdai rncit di kL..tpi stiap pagi saya bka kdai saya mlhat bnyak brang2 termakan oleh tkus.smpai telur dan beras pun di lahap..saya sngat kerugian gara2 tikus… da yg bleh bntu saya x bgaimna cara untuk mmbasmi tikus..gam,racun tikus dll dah saye pkai, tpi kurang memuaskan.
    ttksh.

  34. Saya sudah pernah coba dg alat ultrasonic kalo gak salah namanya. Tp gak ngaruh tuh. saya coba deh tips di atas.

  35. makasi banget atas informasinya.kudu harus di coba nih tipsnya…soalnya saya udah gerah banget ngeliat kelakuan tikus yang suka merusak dan mencuri makanan di dapur….

  36. Terima kasih atas sharingnya :)
    Benar2 sangat membantu..

    Begitu selesai baca artikel ini, saya langsung cari mp3 suara jangkrik (berhubung gk punya jangkrik) dan besok saya mau langsung beli kapur barus.

    Karena barusan saya melihat tikus besar sekali melintas pas di depan saya,, jadi merinding..

  37. Tips yang sangat menarik. Apa bener klo pake alat pengusir tikus cukup efektif menghilangkan tikus dari rumah? saya masih ragu, soalnya belum pernah menyaksikan langsung buktinya. Ada yang sudah membuktikan keampuhan alat ini?

  38. saya mau tambah tips utk seteru badai saya (red: tikus) : coba dikasih potongan rambut yg kecil-kecil (bekas pangkas rambut cepak atau sejenisnya) lalu disebar di tempat tikus biasa beroperasi/cari makan………….nanti rambut2 halus itu akan masuk ke hidung tikus tsb shg dia mati atau kapok ke tempat tsb. kalo pake racun tikus, jumlah tikus akan semakin banyak………..gak tau knp?? (pengalaman waktu di ponpes). trims

  39. lumayan juga tipznya, tapi diantara 6 tipz kira2x mana yang efectiv hazilnya ? apa yg dgn “kapur baruz”, yg kayaknya paling zimpel jarank / blm pernah dicoba ?

  40. makasih tipsnya emang hewan yg stu ini bikin kita always snewen all the time…….

  41. tembak aja tikusnya, tapi pake kaliber kecil macem m-16, jangan gede2 entar malah rumahnya berantakan

  42. tipsnya simpel dan menarik untuk dicoba, kami sekeluarga sampai gregetan terhadap hewan yg satu ini, trims bu untuk tipsnya…

  43. Bagus Juga Tipnya Bu…….

    Dah kewalahan nih memberantas Tikus Dapur, dah pake perangkap tikus kecil ok yang ukuran besar lolos…………
    Kalo Jaga kebersihan dapur…….beres, tapi tikus berusaha masuk keruangan lain………..

    Saya Coba dulu Tipsnya………mudah2 bisa membantu……
    kalo enggak berhasil terpaksa menghubungi KPK…..

    Salam Kenal dari Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>