Membersihkan Anyaman Rotan

Membersihkan anyaman rotanWanita identik dengan pernik. Pernak-pernik cantik tersebut akan semakin mempesona dengan hadirnya wadah yang tak kalah menarik. Wadah rotan biasanya cukup menjadi pilihan. Untuk Anda yang memiliki keranjang/perabot dari rotan dan sejenisnya, ada cara mudah untuk merawatnya.

Saat perabot rotan Anda menjadi kusam, siapkan air hangat yang dicampur dengan garam. Kemudian sikat anyaman tadi dengan sikat gigi bekas. Jangan lupa juga untuk membersihkan sela-sela rotan agar terlihat bersih sempurna.

Jangan biarkan wadah rotan anda terkena panas matahari langsung dan air karena akan merusak wadah rotan kesayangan anda.

Jika Anda tak sengaja menumpahkan cairan pada wadah rotan, segera lap tumpahan air dengan kain bersih sampai kering.

Jangan terlalu sering membersihkan wadah rotan anda dengan air, karena air dapat membuat vernis atau cat rotan memudar.

Jika Anda melihat lumut atau jamur tumbuh di rotan, segera bersihkan dengan larutan pemutih yang dilarutkan dalam air. Bersihkan dulu dengan penghisap debu, lalu gunakan sikat halus untuk mengangkat kotoran dan lumut tersebut. Cuci dengan larutan pemutih, bilas sampai bersih, kemudian keringkan pada tempat teduh di siang hari. Jauhkan rotan dari tempat yang memungkinkan tumbuhnya lumut atau jamur.

Untuk menghindari rayap, Anda dapat menggunakan larutan kamper (kapur barus) dan minyak tanah. Semprotkan larutan tersebut pada rotan, atau masukkan dalam lubang yang dibuat rayap pada perabot rotan Anda.

Tips ini sudah dibaca 264 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>