Mengatasi Luntur pada Pakaian

Mengatasi Luntur pada PakaianLihat tumpukan pakaian warna-warni ini. Terlihat sangat indah bukan? Anda pun tentu memiliki tumpukan pakaian kesayangan dengan warna-warna favorit. Tapi apa jadinya bila pakaian kesayangan Anda berubah warna? Kemeja polos menjadi bercorak, t-shirt putih menjadi pink muda, dan sebagainya.

Jangan buru-buru memecat pembantu rumah tangga Anda. Untuk mengatasi luntur pada pakaian Anda, coba tips berikut.

Larutkan asam cuka pada air yang telah dicampur dengan deterjen. Rendam pakaian yang terkena luntur ke dalam larutan lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilas seperti biasa. Nah, pakaian Anda cerah kembali.

Selain pakaian warna-warni, pakaian batik juga bisa luntur. Perawatan kain batik biasanya menggunakan lerak yang harganya cukup mahal. Namun ada tips sederhana untuk merawat pakaian batik yang luntur, yaitu dengan merendam semalaman kain batik tersebut dengan air kelapa, baru dicuci dengan deterjen. Insya Allah kain batik tersebut tidak luntur lagi.

Tips ini sudah dibaca 21645 kali

41 thoughts on “Mengatasi Luntur pada Pakaian”

  1. Saya punya bju berwarna hitam setelah terkena pemutih baju hitam saya menjadi hitam keputihan
    . Gimana cara mengembalikan baju sya menjadi hitam lagi ?

  2. baju saya motif bunga warna warni (hitam,kuning,merah,pink,putih) waktu di cuci warna hitam nya luntur kr baju trsebut. gmana cr ngilangin nya???

  3. baju seragam ankq,jg bj2lain kena luntur celana jeans wrn orange
    bgt keluar dr mesin cuci lgs ketauan kl jeans orange(baru) dah bkn
    luntur smua bjyg fatal seragam sklh..lgs brows gmn ngilangin coba
    pake cuka nda hilang..cb lg (ulangi) rendam det+ cika lg tetep nda
    berhasil..ada saran lain?????? soalnya bj seragam ankq nich, thanks

  4. om gimnana cara menghilangkan celana saya yg kena lentur ngk mau hilangkan
    tapi pertama warna nya biru lalu ke putih belang belang gimana cara menghilangkan nya om
    tolong di balas
    terima kasih

  5. om ini yang luntur jaket, kan jaket parasitku yg luar warna kuning sedangkan yang dalam warna hitam terus kemarin kareana kena noda q cuci aja pakai asam sitrat biar bersih.
    eh tapi bukannya bersih yang warna kuning malah kelunturan yang warna hitam, jadinya kuning kehitaman gitu….gimana caranya mengembalikan biar warnanya kembali jadi kuning lagi?
    mohon tipsnya ya….makasih sebelumnya.

  6. Duh baju baru beli kelunturan pula,, sedih
    Dah coba pakai larutan cuka kok tak bisa yach
    Cuka nya yg biasa di meja makan bukan? Atau ada cuka khusus?
    Please help help
    Makasih

  7. klo baju kelunturan punya dua warna dan bermotiv gmn?sedangkn yg terkena luntur hanya satu bagian warna

  8. Baju Batik saya warnw crem kelunturan kemeja merah…kelunturannya tuch sebagian2 gimana yaa solusi untuk ngilangin luntur yang sebagian2…terima kasih

  9. Saya punya baju basket warna merah dan no punggungnya warna kuning ,no punggungnya terkena lunturan warna merah , gmana ya cranya spaya luntur di no punggungnya bsa hilang ?

  10. kalau misalnya pakaian yang kelunturannya sudah pernah dicuci pakai deterjen, dibilas, dicuci lagi dan direndam searian bisa gak ya dicoba dengan tips ini? thanks

  11. kalau bajunya agak tebal apa bisa dg asam cuka? Tolong solusinya ya, baju yg terkena luntur ini baju kesayangan saya.
    Terimakasih.

  12. aku punya gaun bahannya sifon, yang kena lunturan baju merah ku dengan bahan kain yang sama, alhasil bajunya jadi “Semi pink” apakah tips itu bisa ampuh pada baju ku itu ? secara tu baju ada hiasan batuan2 gitu

  13. Bagaimana caranya untuk mengembalikan warna hitam pada pakaian atau celana berbahan denim yang sudah luntur agar warnyanya tidak terlihat belang?

  14. Cara di atas maerupakan cara menghilangkan luntur.
    Bagaia mana bila cara mengembalikan warna hitam dari celana atau pakaian hitam yang luntur agar tidak terlihat belang?

  15. mau nanya nih…clana kerja ku ad yg luntur kalau di cuci..jadix clana kerjaq yg lain gak pernah q pakai lg…gmn ya carax biar clanax gak bs luntur..trims..

  16. coba drendam dlm air yg udah dikasi citrun (asam sitrat),biarkan slma 20-30 menit baru cuci sprti biasa,slmt mencoba…

  17. kemeja saya yang warna kuning kan kelunturan jeans hitam, terus saya coba tetesin pake pemutih, akhirnya hilang, tapi pas selesai dijemur di bawah terik matahari malah yang warna biru dongkernya jadi luntur keungu unguan gitu, trus gimana ya cara mengembalikan warnanya jadi semula ?

  18. mbak..saya mau tanya.. pakaian batik suami saya terkena luntur dr baju yang lain dan smpe skrg baju batik itu tdk bsa dipakai, krena terkna luntur dr baju yang lain.. ada solusi utk menghilangkn lunturnya ga mbak ya?? atau asam cuka dpt jga digunakan utk mengatasi luntur yg terdapat di baju batik suami saya? tlg infonya.. trims..

  19. celana katun suami saya kena lunturan dress anak saya. sayangnya celana tersebut suda terlanjur kering. saya suda coba pakai larutan cuka, sunligt dan jeruk nipis, tapi lunturannya tetap tidak mau ilang…..apaka ada solusi lainnya…??? terimakasi…

  20. lengan baju putih seragam anak saya berwarna kehitaman tergesek-gesek meja sekolahnya.sdh sya rendam pemutih g bersih jg.apa ada solusi lain? tq

  21. ini gimana ya , saya punya baju warna kuning terus terkena luntur celana jins itu gimana cara menghilangkannya ?

    1. Silakan dicoba tips di atas ya Cindy … kalau lunturnya belum terlalu lama, mudah-mudahan masih bisa dihilangkan atau paling tidak dikurangi. Kalau terkena luntur, paling baik kalau segera dilakukan upaya-upaya pembersihan lunturnya. Karena kalau didiamkan, nanti tambah sulit menghilangkan luntur tersebut.

  22. saya sudah coba, tp knp noda luntur nya ga hilang juga ya?? apa ada takaran untuk melarutkan cuka??

    1. Pengalaman sy, luntur yang sudah lama agak sulit hilang. Tapi luntur baru bisa hilang dgn cuka. Cukanya bisa dilarutkan, atau diteteskan ke bagian lunturnya, lalu dikucek. Hati2 bila yang kena luntur itu kain yang halus, takutnya malah jadi rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>